Rabu, 03 Desember 2014

Konfigurasi Access Point

Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station. Sehingga client yang terhubung dengan perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu sama lainnya dengan subnet mask yang sama.

Fungsinya yaitu berbagi koneksi dari server lokal (kantor) maupun internet dengan perangkat client lainnya (notebook, PC, gadget, handphone dll) maupun perangkat access point lainnya (seperti extender/repeater) dalam satu subnet mask yang sama.

Berikut langkah-langkahnya....


1.    Langkah pertama kita harus nyalakan/reset router yang ada. Lalu lihat keterangan di box router atau router tersebut informasi mengenai IP Address dari routernya. Lalu IP address nya kita ketikkan di browser kita.

2.    Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut


Tampilan tersebut menunjukkan informasi informasi dasar terkait router yang kita miliki. Mulai dari firmware versionnya, hardware version, MAC address sampai Traffic Statisticnya.

3.    Untuk melakukan pengaturan access point secara cepat, maka kita bisa pilih menu Quick Setup pada deret menu di sebelah kiri. Setelah kita mengklik Quick Setup maka akan muncul tampilan berikut, lalu klik Next



4.    Kemudian akan muncul tampilan berikut disitu kita diminta untuk memilih mode operasi yang akan kita gunakan. Karena kita akan menyetting access point nya maka pilih saja menu Access Point, lalu klik Next.



5.    Kemudian akan muncul tampilan untuk setting AP seperti berikut:


Lalu klik Next

6.    Kemudian akan masuk ke settingan IP address yang diperbolehkan/digunakan dalam wirelessnya. Tampilannya seperti berikut:


Kemudian atur untuk DHCP Server jadi enable agar jika ada yang ingin pakai wirelessnya tidak perlu memasukkan IP address secata statis. Dan Subnet Mask yang digunakan subnet mask kelas C. Kemudian klik Next.


7.    Selesaiiii settingan AP secara cepat. Disini ada tampilan review mengenai settingan yang kita lakukan pada wirelessnya.



Sekian postingan saya, semoga bermanfaat yaaa. Goodbye~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar